Memahami Jenis dan Pengertian Hardisk

Memahami Jenis dan Pengertian Hardisk - Halo, kembali bersama kami azsenatedemocrats.com - Portal game online terbaik di indonesia , Pada kesempatan hari ini kami akan membahas seputar Memahami Jenis dan Pengertian Hardisk , kami telah mempersiapkan berita ini dengan benar guna anda baca dan serap informasi didalamnya. semoga seluruh isi postingan berita Komputer , berita Tips Trik , yang kami posting ini bisa anda mengerti, selamat membaca.

Judul Berita : Memahami Jenis dan Pengertian Hardisk
good link : Memahami Jenis dan Pengertian Hardisk

Baca juga


Memahami Jenis dan Pengertian Hardisk


Memahami Jenis dan Pengertian Hardisk

Jalur Tekno - Dalam berdirinya komputer, penggunaan hardisk memiliki banyak peranan terutama dari sektor penyimpanan. Dengan menggunakan Hardisk pada komputer maupun laptop, kita dapat membantu memenuhi kebutuhan penyimpanan.

Pengertian Hardisk.
Hardisk adalah sebuah perangkat keras (hadware) atau komponen yang berguna dalam hal penyimpanan data data secara permanen untuk dapat dibaca (read) dan ditulis (write) yang berbentuk sebuah piringan magnetis. Hardisk berguna untuk menyimpan data dari berbagai proses, menyimpan software pendukung serta file file yang penting didalamnya.
Saat ini sudah banyak ditemukan hardisk dengan berbagai merk, dan untuk besar penyimpanannya juga beragam antara 250 GB – 1 TB. Bentuknya yang semakin kecil namun memiliki kapasitas penyimpanan besar yang dapat menyimpan data serta file dengan jumlah yang banyak.

Jenis jenis Hardisk saat ini.
Berbagai jenis hardisk sudah mengalami perkembangan yang cukup baik, perubahan pada setiap generasi menghasilkan sebuah keunggulan dari hardisk tersebut.

Hardisk IDE (Integrated Drive Electronics)


IDE atau Integrated Drive Electronics ini merupakan hardisk yang biasanya ditemukan pada komputer komputer lama atau jadul (jaman dulu), saat ini sudah jarang sekali bahkan tidak ada lagi perusahaan yang memproduksi jenis hardisk ini. Karena memang kecepatan transfer datanya yang lambat. 

Hardisk ATA (Advanced Technology Attachment)


Advanced Technology Attachment adalah jenis penyimpanan yang paling banyak dan sering di temui pada perangkat komputer atau laptop. ATA sendiri merupakan perkembangan dari Drive IDE yang memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda.
Karena hardisk jenis ini sudah populer maka harganya sendiri juga lebih murah dan mudah ditemukan.

Hardisk SATA (Serial Advanced Technology Attachment)

Serial Advanced Technology Attachment, salah satu jenis drive yang harus menggunakan kabel SATA ini hanya bisa digunakan untuk satu hardisk saja dalam artian jika 2 hardisk dihubungkan dengan 2 kabel sata maka yang akan terbaca hanya pada 1 hardisk saja. Hal ini membuatnya lebih cocok untuk dijadikan hardisk internal didalam komputer atau CPU.

Untuk masalah kecepatan, Hardisk SATA lebih baik pada saat melakukan transfer data karena memiliki kemampuan untuk mengurangi latensi atau waktu jeda (delay) pada saat memindahkan file di dalam komputer. Hardisk SATA juga lebih sederhana dalam pemasangan dan tidak perlu mengatur boot priority nya. 


Hardisk SCSI (Small Computer System Interface)

Small Computer System Interface, memiliki kemiripan seperti hardisk ATA namun memiliki beberapa keunggulan di bandingkan ATA misalnya dapat terhubung secara internal maupun eksternal. Memiliki kecepatan yang lebih unggul dari ATA, mampu untuk beradaptasi dengan baik dalam melakukan pemrosesan data dalam jumlah yang besar.

SSD (Solid State Disk)

Singkatan dari Solid State Disk, merupakan generasi terbaru dari media penyimpanan yang memiliki keunggulan dari keseluruhan jenis hardisk diatas. SSD tidak memiliki bagian mekanik yang berputar Ketika melakukan proses write atau read. SSD menggunakan teknologi layaknya USB Drive yang membuatnya dapat lebih cepat memproses data.

SSD saat ini sudah terpasang pada komputer komputer high class, atau untuk komputer rakitan penggunaan SSD mampu meningkatkan performa Komputer Anda hingga 10x lebih cepat. Hal ini bisa Anda rasakan Ketika menunggu waktu booting.
Ada banyak merk SSD yang dijual saat ini seperti SSD Samsung, Crucial, Western Digital (WD), Adata, Sandisk dan lainnya. Karena keunggulannya dari sisi kecepatan membuat SSD lebih mahal dari HDD.




Demikianlah Berita dari kami Memahami Jenis dan Pengertian Hardisk

Sekianlah artikel Memahami Jenis dan Pengertian Hardisk hari ini, semoga dapat memberi pengetahuan untuk anda semua. ok, sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima Kasih

Anda saat ini sekarang membaca berita Memahami Jenis dan Pengertian Hardisk dengan alamat link https://www.azsenatedemocrats.com/2020/05/memahami-jenis-dan-pengertian-hardisk.html

Posting Komentar

0 Komentar